Naik Bus Gratis GO-KL


Satu hal yang saya suka tentang Kuala Lumpur adalah banyaknya kesempatan untuk menghemat uang :D. Hal yang ingin saya bahas di sini adalah Bus GO KL.

Sebelumnya, saya tak tahu menahu tentang bus ini karena kunjungan ke KL sebelumnya selalu menggunakan mobil pribadi sehingga tak terlalu paham moda transportasi umum di KL. Lalu, seorang kenalan dari seminar memberitahukan saya tentang bus ini. Tentu saya saya senang karena bus ini GRATIS sodara-sodara! Dan dapat wifi PERCUMA! 😀

Yang asyiknya lagi, bus GO KL melewati tempat-tempat yang biasanya dikunjungi oleh turis juga. Lumayan banget kan?

Rute Bus GO KL bisa dilihat di gambar di bawah.

GOKL

Sebenarnya, ada beberapa rute Bus GO KL, yaitu:

  • Go Relax – Pink Line, yang lebih banyak melewati hotel dan penginapan terkenal di KL.
  • Go Work – Blue Line, yang melewati pusat bisnis dan perkantoran utama di KL
  • Go Sightsee – Purple Line, yang melewati pusat – pusat pariwisata dan landmark kota, seperti KL Tower, Pasar Seni
  • Go Shopping – Green Line, yang melewati pusat perbelanjaan seperti Bukit Bintang, KLCC dan ikon KL, Menara Kembar Petronas

Contoh rute yang berhasil saya download di website GO KL adalah Purple Line, seperti yang bisa dilihat di bawah ini

purple-line

Saya baru sempat menaiki Green Line, di sebuah stop-an di Bukit Bintang, tepatnya di dekat gerbang utama Pavilion. Tujuan saya waktu itu adalah KLCC dan Menara Kembar Petronas. Untuk pulangnya, saya menaiki bus yang sama dan berhenti di depan Pavilion lagi.

Rute Bus GO KL memang berupa close-loop. Sangat cocok untuk kita-kita yang ingin sightseeing, tapi tak mau capek fisik dan capek dompet, hehe..

Berikut tips untuk menaiki Bus GO KL:

  • Bus ini akan sangat padat pada saat peak hours, yaitu jam masuk kantor (sekitar jam 7-10 am) dan jam keluar kantor (jam 4-8 pm). Tapi plusnya, selama jam sibuk ini, frekuensi kedatangan bus adalah setiap 5 menit. Di luar itu, bus akan datang setiap 10 menit.
  • Pada waktu peak hours ini, jalanan KL juga luar biasa macetnya. Jadi jika sedang terburu-buru dan dikejar waktu, sebaiknya memilih moda transportasi lain.
  • Eksterior busnya dicat dengan warna pink (atau mungkin ungu muda? :D). Keterangan bahwa bus itu adalah Pink Line, Blue Line, Purple Line atau Green Line hanya bisa dilihat dari board yang ada di depan. Jadi, jangan sampai salah naik, seperti halnya saya, hihi 😀
  • Saya sempat membawa koper ukuran kabin ke atas bus ini. Saya kurang tahu apakah memang diperbolehkan membawa koper ke atas bus ini, tapi tidak ada yang melarang ataupun menegur sih. Tapi kalo koper besar sebaiknya tidak dibawa ke dalam bus ini kali ya karena takutnya mengambil banyak tempat yang seharusnya bisa diisi oleh penumpang.

Keterangan lebih lanjut bisa ditengok kat sini.

Saya tidak sempat mengambil banyak foto sewaktu menaiki bus GO KL karena busnya penuh sesak oleh penumpang. Satu-satunya foto yang saya ambil adalah foto bus GO KL yang sedang parkir di terminal KLCC.

DSC_0444

8 thoughts on “Naik Bus Gratis GO-KL

Leave a comment