Pengalaman Toilet di Mancanegara


May your life be like toilet paper, long and useful 🙂 (unknown)

Toilet adalah bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Untuk menjaga keseimbangan massa dan energi di dalam tubuh kita, kita harus mengeluarkan gas (berupa kentut atau sendawa), liquid (berupa pipis) dan bahan semi-solid (aka pup). Hehe, chemical engineer loh ini yang punya blog 😊

Saat traveling, toilet adalah salah satu item yang membuat saya harap-harap cemas, takut dapat yang kotor dan membuat selera makan hilang berhari-hari. Maklum, saya orangnya jijik-an luar biasa. Jangankan melihat output defekasi manusia yang asli, melihat gambar yang menjijikkan pun saya bisa mual sendiri. Dan jangankan melihat yang asli ataupun gambar, membayangkan saja pun bisa mual. Makanya saya tak suka ada pembicaraan yang mengarah ke toilet jika sedang makan, karena pikiran saya langsung menggembara kemana-mana 😛 Kata temen psikolog, saya punya daya imajinasi multicolor. Apapun itu, it is a blessing and a curse 😊

Selama saya hidup di dunia ini, saya sudah mencoba berbagai macam toilet, mulai dari empang, kakus di atas kolam ikan, di balik semak, toilet jongkok, toilet duduk biasa, sampai toilet duduk di hotel bintang 5. Dari semuanya, ada beberapa toilet yang ingin saya ceritakan di sini.

Toilet Belanda Jerman

Disebut toilet Belanda Jerman karena saya banyak menemukan toilet ini di Belanda dan Jerman, yang terlihat seperti gambar di bawah. Pup yang keluar akan jatuh ke bagian keramik, bukan ke dalam genangan air seperti halnya pada design toilet duduk di kebanyakan toilet, termasuk Indonesia. Genangan air pada toilet ini justru beda di depan. Konon, toilet ini dirancang pertama kali oleh orang Jerman dengan tujuan untuk memungkinkan inspeksi pup mereka. Bener juga sih, mungkin untuk melihat kesehatan mereka. Tapi kalo saya mah, yang lalu biarlah segera berlalu, hehe..

ToiletDutch-blogtransparentcom

Si Pup bisa diinspeksi dulu sebelum dibilas biar pergi. Gambar dari: http://www.blog.transparent.com

 

Toilet di Royal Delft Blue

Walaupun tempat tinggal di Delft hanya berjarak 5 menit jalan kaki dari pusat kerajinan keramik Delft ini, saya baru mengunjunginya 2 tahun kemudian, itupun disponsori oleh Mama Oranje.

Nah, sewaktu saya sedang menghadiri workshop pembuatan keramik di sini, saya kebelet dan ingin segera ke WC. Dan pemandangan yang saya temukan adalah kira-kira seperti ini.

ToiletDelft-pinterest

Gak tega buat mengotori. Gambar: Pinterest

Saya terkesima bukan karena toiletnya dirancang normal (bukan Toilet Belanda Jerman seperti penjelasan di atas), namun karena toiletnya terlalu indah untuk dicemari. Berasa gak tega, tapi apa daya saya harus mengotorinya karena tak ada pilihan lain, hehe.

Toilet Alaturka dan Alafranca di Turki

Akhir Desember 2013 lalu, saya sempat homestay (cieee, homestay, padahal numpang nginap) di Konya dan Kayseri, Anatolia Tengah, Turki. Di Konya, ketika memasuki kamar mandi, saya melihat toilet jongkok sekaligus toilet duduk dalam 1 ruangan. Usut punya usut, toilet jongkok disebut ‘alaturka’ dan toilet duduk, seperti yang biasa kita temui, disebut ‘alafranca’. Saya kurang tau juga kenapa disebut demikian.

Di rumah host saya di Kayseri, toilet jongkok dan toilet duduk dipasang di ruangan yang terpisah.

ToiletAlaTurca-acidcowdotcom

Combo Alaturka dan Alafranca. Gambar: http://www.acidcow.com

 

Dudukan Toilet Berplastik

Saya pertama kali menemukan toilet seperti ini di O’Hare International Airport, Chicago tahun 2007 silam. Sewaktu masuk ruangan toilet, saya pikir toilet ini masih baru karena dudukannya masih dibungkus dengan plastik. Tapi anehnya, bagian lain dari toilet tidak terlihat baru. Dan pada waktu itu, tidak terlihat petunjuk atau panduan apa-apa, seperti halnya ilustrasi di bawah.

ToiletPlastic-sofflowcom

Toilet baru ya? Gambar: http://www.sofflow.com

Saya hampir saja akan menguliti plastik tersebut jika saja mata saya tidak melihat ke samping toilet di mana di situ ada panduan singkat yang berisi tentang cara memperbaharui plastik pembungkus dudukan toilet tadi. Pada waktu itu, panduan singkatnya tidak terletak pada toilet, tapi di sebelah toilet. Ketika saya pencet tombol kecil yang dimaksud, plastik yang membungkus dudukan toilet tadi bergeser. Plastik yang baru keluar dari bagian belakang toilet 😊

Ternyata plastik itu bukanlah pembungkus dudukan toilet yang masih baru, tapi pelapis dudukan toilet, supaya lebih higienis, haha.

**

Aspek HSE Toilet

Toilet adalah salah satu tempat yang memuat banyak kuman, bau serta pemandangan yang tidak mengenakkan. Di Indonesia dan di negara lain, jika bepergian ke luar rumah, saya akan membawa tisu atau cairan pembersih dudukan toilet just in case toilet yang ditemukan kurang higienis.

Dan jika ada pilihan untuk menggunakan toilet jongkok, saya akan memilih yang jongkok. Geli aja rasanya jika paha saya harus menempel di dudukan toilet yang sebelumnya entah diduduki siapa, walaupun itu sudah dilapisi oleh tisu.

Jongkok di toilet duduk? That’s a big no no. Jangan kayak orang yang kurang pendidikan lah ya. Kalau jatuh nanti gimana? Lagipula toilet duduk tidak dirancang untuk diinjak dengan telapak kaki.

Trus, gimana kalo kebelet, adanya toilet duduk tapi lupa bawa tisu atau cairan pembersih?

Ya, pakailah gaya mengambang, haha.

**

Sedikit trivia, orang Belanda suka menggantungkan kalender yang berisi tanggal lahir orang-orang yang dekat dekatnya. Buat kebanyakan orang Belanda, hari ulang tahun adalah sesuatu yang spesial. Nah, uniknya, kalender ini diletakkan di dalam toilet mereka, yang seringkali juga akan dimasuki oleh tamu.

So, jika kebetulan anda berkunjung ke rumah orang Belanda dan kebetulan harus memakai toiletnya dan menemukan kalender ini, coba cek nama anda, jika ada, selamat! Anda orang yang spesial baginya. Jika tidak, terimalah, don’t take it personally 🙂 Dan jangan diisi sendiri juga si kalendernya 🙂

 

OK, happy travel!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s