Cara Menuju KL Sentral dari KLIA/ KLIA 2


I’m brash and abrasive but that’s because I’ve noticed when people are nice and polite they never get anywhere (Mahathir Mohamad)

Saya sudah mengunjungi negeri jiran kita ini beberapa kali. Saya juga pernah sampai di Negeri Sembilan seraya memperhatikan persamaan dan perbedaan suku Minangkabau di Indonesia dengan saudaranya di tanah Malaka ini. Sebelumnya, kunjungan saya ke Malaysia bisa dikatakan kunjungan manja karena saya menginap di rumah teman/ kerabat dan kemana-mana diantar dengan mobil pribadi. Satu kesempatan lain ke Malaysia, tepatnya KL adalah sewaktu transit dalam perjalanan menuju Iran tahun lalu. Walaupun hanya beberapa jam, saya sempat menikmati ‘Semalam di Malaysia’ di Sepang dan tentunya sarapan dengan ‘Nasi Lemak’.

DSC_0439

Petronas Tower di malam hari

Dua minggu yang lalu, saya kembali ditakdirkan untuk mengunjungi Kuala Lumpur untuk urusan bisnis. Saya berangkat sendiri dan tinggal di hotel. Singkat kata, semuanya harus saya urus sendiri, tidak seperti kunjungan-kunjungan sebelumnya. Dan tentunya saya pun harus menggunakan transportasi umum di Malaysia, untuk pertama kalinya, hehe.

Untuk kali ini saya akan membahas bagaimana mencapai Stasiun KL Sentral yang berada di pusat kota Kuala Lumpur dengan berbagai moda transportasi.

Kenapa harus ke KL Sentral? Sebenarnya tidak harus, tapi jika berpergian dengan transportasi umum ke KL atau daerah lain di Semenanjung Malaka, sangat bagus untuk mengetahui posisi KL Sentral, stasiun terpadu terbesar di KL.

Mobil pribadi

Ini yang paling nyaman karena kita hanya perlu duduk dan berangkat 😊

 

Taksi atau Teksi

Naik taksi dari KLIA/KLIA2 haruslah berhati-hati karena banyak juga taksi-taksi argo kuda. Mirip-mirip lah dengan Indonesia. Jadi, pastikan taksi yang diambil adalah taksi yang registered. Untuk mengetahuinya bisa ditanyakan ke security terdekat. Ada 2 macam taksi, Budget Taxi seharga RM 75 atau Premier Taxi seharga RM 100.

Saya belum pernah naik taksi dari KLIA/KLIA2, jadi saya tak punya pengalaman untuk diceritakan. Untuk info lebih lengkap, bisa ditengok kat sini 😊

 

KLIA Ekspres, 28 menit, one-way RM 55 (dewasa), RM 25 (anak-anak)

Menurut saya, inilah moda transportasi yang paling nyaman, aman dan cepat. Harganya memang relatif lebih mahal, tapi worth it lah.

Rute KLIA Ekspres adalah

 KLIA2-KLIA-KL Sentral, dan begitu pula sebaliknya.

DSC_0454

Tiket KLIA Ekspres

KLIA Transit, 35 menit, one-way RM 55 (dewasa), RM 25 (anak-anak)

Beda KLIA Transit dengan KLIA Ekspres adalah stasiun pemberhentiannya. Jika KLIA Ekspres langsung menuju Stasiun KL Sentral dari KLIA/KLIA2, KLIA Transit akan berhenti di beberapa stasiun.

Maka, rutenya adalah:

KLIA2 – KLIA – Salak Tinggi – Putrajaya & Cyberjaya – Bandar Tasik Selatan – KL Sentral

Di KLIA, tiket KLIA Ekspres/ Transit sendiri bisa dibeli sebelum pintu keluar. Loketnya berwarna pink tua. Platform untuk KLIA Ekspres/Transit adalah bisa ditemukan setelah pintu keluar, dan turun lagi ke bawah. Cukup mudah ditemukan.

Di KLIA2, loket tiket bisa ditemukan di sebelah serong kanan pintu keluar. Platform-nya sendiri ada di lantai bawah setelah melewati gate ticketing.

KLIA Ekspress datang dalam selang 15-20 menit dan KLIA Transit dalam selang 20-30 menit.

Untuk transportasi antar KLIA dan KLIA 2, dikenakan biaya RM 2 untuk dewasa dan RM 1 untuk anak-anak.

Di dalam kereta, disediakan wifi gratis.

Pengecekan harga bisa dilihat di sini.

DSC_0360

Penampakan di dalam KLIA Ekspres

 

Bus, 60 menit, one-way RM 10

Jika tidak terburu-buru dan punya waktu banyak, bus bisa menjadi pilihan yang bagus, murah, dan lumaan meriah. Jika tidak dalam jam sibuk, KL Sentral bisa dicapai dalam waktu kira-kira 60 menit.

Keterangan lengkap tentang salah satu bus ini bisa dilihat di sini.

 

Sekian. Semoga membantu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s