Cara Memesan Tiket Al Hambra Secara Online


Seperti yang sudah dituliskan di postingan sebelumnya tentang Al Hambra, ada beberapa cara yang digunakan untuk mendapatkan tiket Al Hambra, yang paling praktis menurut saya adalah dengan membeli online.

Pada tahun 2011, saya dan teman-teman mengunjungi Schloss Neuschwanstein di Jerman. Salah seorang di antara kami menganjurkan untuk membeli langsung saja karena menurutnya sedikit mengantri tidak apa-apa. Saya menurut, karena gak mau dibilang nyinyir 😛

Dan ketika kami sampai di sana, antriannya ternyata mengular kemana-mana. Walaupun sudah datang jam 11 siang ke lokasi, kami baru bisa masuk ke kastil rancangan Raja Ludwig II ini jam 5 sore. Untung saja daerah sekitarnya bagus, jadi kami gak terlalu mati gaya. And I have learned my lessons. Sejak saat itu, jika dimungkinkan untuk membeli tiket secara online, akan saya beli secara online. Dan oh iya, dan sejak saat itu, nyinyir dengan alasan ingin meningkatkan efektivitas bukan hal yang menakutkan lagi buat saya 🙂

Ada beberapa pertimbangan yang saya ambil dengan memilih pembelian tiket secara online.

  • Antrian tiket berpotensi merusak jadwal yang sudah saya susun. Kita tak pernah tahu kapan kita akan masuk dan berapa lama waktu yang bisa dihabiskan di dalam. Belum lagi kalau membawa anak kecil yang mudah sekali bosan.
  • Antrian tiket membuang tenaga. Tenaga yang harusnya disimpan untuk menikmati situs wisata terbuang sia-sia untuk berdiri. Bagus jika tempatnya adem, kalo udaranya panas, saya bisa pusing duluan.
  • Dan khusus untuk pembelian tiket Al Hambra ini, pembelian online memberi kesempatan untuk memilih jadwal kunjungan ke Istana Nasrid yang lebih ketat dibandingkan bagian Al Hambra lainnya. Saya lebih suka pagi hari karena saya bisa fokus dulu pada Istana Nasrid, baru kemudian bersantai dengan bagian lain yang bisa dimasuki dengan leluasa.

Begitulah, membeli tiket secara online kadang-kadang dikenakan biaya tambahan, tapi itu tidak masalah buat saya.

Yuk, balik lagi ke Al Hambra. Saya lupa website yang saya gunakan waktu memesan tiket tahun 2010 lalu, tapi sepertinya tampilannya mirip, selain itu laman yang saya gunakan dulu memang full bahasa Inggris.

Saya melakukan exercise ini hanya untuk mencari tahu bagaimana cara melakukannya lalu membaginya di sini. Saya tidak benar-benar membeli tiket, hanya mencoba saja. Langkah ini sudah digunakan oleh teman saya di Belanda dengan menggunakan kartu kredit keluaran bank di Belanda, dan berhasil. Dulu tahun 2010, saya menggunakan kartu kredit keluaran bank di Indonesia. Berikut langkah-langkahnya:


1.
Buka website www.ticketmaster.es, lalu pilih menu ‘EN’ untuk bahasa Inggris.

2. Masukkan kata kunci ‘alhambra’ di kolom SEARCH, lalu tekan tombol ‘ENTER’ untuk mencari.

tiket0

Ada beberapa pilihan jenis kunjungan ke Alhambra. Untuk melihat keterangan masing-masingnya, silahkan klik kanan untuk menampilkan halaman baru. Untuk kunjungan biasa (Istana Nasrid, Alcazaba, Generalife, dan Istana Charles V), pilihlah ‘Alhambra General’ dengan meng-klik tombol “Find Tickets”. Saya juga memilih tiket ini sewaktu berkunjung tahun 2010 silam. Jenis kunjungan lain adalah kunjungan malam, kunjungan yang dipandu para ahli, kunjungan ke Al Hambra tanpa Istana Nasrid, dan jenis-jenis lainnya.

tiket1

Di sini, halaman sudah berganti ke bahasa Spanyol, saya mengaktifkan Google Translate ke Bahasa Inggris di browser saya.

3. Di bagian kiri bawah pada halaman ‘Alhambra General’, bisa dilihat tampilan kalender. Silahkan pilih tanggal kunjungan yang diinginkan. Untuk exercise ini, saya memilih tanggal 1 Maret 2017. Lalu klik ‘Start Purchase’ atau dalam bahasa Spanyolnya “iniciar compra”.

tiket2

4. Tampilan berikutnya adalah tentang banyak tiket, termasuk anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun, walaupun mereka nantinya tidak membayar. Dalam bahasa Spanyolnya “¿Cuántas entradas quieres?”, lalu pencet “Continuar”.

5. Langkah selanjutnya adalah memilih jadwal kunjungan ke Istana Nasrid. Pertanyaan dalam bahasa Spanyolnya adalah ¿A qué hora quieres hacer la visita?” Ada banyak pilihan jam berikut jumlah orang yang sudah membeli tiket untuk jadwal tersebut. Klik jam yang diinginkan, sehingga warnanya berubah menjadi merah. Dalam exercise ini, saya memilih jam 9 pagi. Setelah itu pencet “Continuar”.

tiket3

6. Selanjutnya mengisi diskon. Jika bepergian bersama lansia (berumur di atas 65 tahun), penyandang disabilitas, anak-anak berusia 12-15 tahun, anak-anak di bawah 12 tahun atau tergolong European Youth, akan ada diskon. Masukkan jumlah mereka di pertanyaan ke-3, yaitu “¡Aprovecha los descuentos y comprueba el precio!”, lalu pencet “Continuar”.

tiket4

7. Total biaya yang harus dibayar akan terlihat. Selanjutnya pencet “Continuar” untuk melakukan pembayaran.

8. Masukkan data diri dan kartu kredit, lalu klik “Continuar”. Kartu kredit ini akan digunakan untuk mendapatkan tiket di mesin pencetak tiket.

tiket5

Bukti pemesanan tiket dikirimkan melalui email, yang memuat jenis, jumlah dan harga tiket yang dibeli, tanggal kunjungan, jam kunjungan ke Istana Nasrid dan yang paling penting adalah kode referensi.

Pada hari kunjungan, pada mesin pencetak tiket, masukkan kartu kredit yang digunakan untuk membeli tiket beserta kode referensi dan voila…tiket masuk Al Hambra langsung didapatkan!

Tiket ini mungkin juga memberi diskon pada beberapa toko di dalam kompleks Al Hambra. Jadi silahkan dicek juga apa saja keuntungan yang diberikan oleh tiket pada waktu kunjungan.

Selamat berjalan-jalan ke Al Hambra!

Advertisements

4 thoughts on “Cara Memesan Tiket Al Hambra Secara Online

  1. Pingback: Tak Jadi Sendirian di Al Hambra – Cerita Jalan-jalan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s