Cabo da Roca, Titik Paling Barat Benua Eropa


cab1

Cabo da Roca, Portugal. Titik paling Barat benua Eropa

Here, where the land ends and the sea begins

(Luis de Camoes – Portuguese poet, on Cabo da Roca)

Sewaktu teman saya memasukkan Cabo da Roca ke dalam itinerary perjalanan kami ke Portugal selain Lisboa dan Sintra, saya masih belum tahu pasti apa yang menarik dari tempat ini. Teman saya menjelaskan bahwa Cabo da Roca adalah titik paling barat dari benua Eropa, berada di sisi paling kiri Semenanjung Iberia, menghadap ke Samudera Atlantik. Menurutnya, mengunjunginya punya suatu keistimewaan tersendiri.

Titik paling barat benua Eropa gitu lho ! 🙂

Cabo da Roca dalam bahasa Inggris bisa diterjemahkan sebagai Cape of the Rocks. Terletak di dalam Taman Alami Sintra-Cascais, berada di sebelah barat daya kota Sintra dan 42 km di arah barat kota Lisboa (Lisbon). Saya sampai ke sana bersama teman saya dan teman satu hostel kami dengan mobil yang kami sewa dari abang-abang penjaga hostel kami. Si abang penjaga hostel ini bertugas sebagai supir dan tentu saja tour guide. Sangat praktis, dengan membayar EUR 50, semua urusan beres. Makanan dan tiket masuk ke tujuan wisata manapun belum termasuk ke dalam paket tersebut.

Ketika sampai di Cabo da Roca, yang saya lihat adalah tanah lapang yang menghadap Samudera Atlantik. Ada satu menara mercusuar dan sebuah monument didirikan di sana. Tak banyak yang bisa dilihat di sana kecuali keindahan alamnya dan burung-burung yang beterbangan di sana-sini. Pengunjung bisa berdiri di pinggir jurang batu yang dilengkapi pagar keselamatan. Di bawah sana, ombak yang langsung dari Samudera Atlantik menghempas ke dinding jurang batu seolah ingin menghancurkan tanjung batu ini.

cab2-horz

cab3

cab4

Untuk Cabo da Roca, tidak dikenakan biaya masuk. Mobil pun bisa diparkir di lapangan parkir yang tak jauh dari kompleks lapangan Cabo da Roca ini. Kami juga menyempatkan diri untuk makan siang di sebuah café di juga berada di dalam kompleks tersebut.

Melihat matahari terbenam pastilah sangat mengesankan di sini. Pastilah menjadi momen yang tak akan terlupakan melihat sang surya yang perlahan-lahan tenggelam di Samudera Atlantik.

Kami tidak sempat menunggu momen itu karena kami tak ingin kemalaman sampai di Lisboa. Sebagai gantinya, kami menunggu sunset di Pantai Cascais dalam perjalananan ke Lisboa, tetap dengan pemandangan matahari tenggelam di Samudera Atlantik.

Worth to visit!

cab6

Sunset di Pantai Cascais, Portugal

Advertisements

2 thoughts on “Cabo da Roca, Titik Paling Barat Benua Eropa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s